Selasa, 29 November 2011

Dampak Jejaring Sosial Terhadap Kehidupan Masyarakat


Dampak Jejaring Sosial Terhadap Kehidupan Masyarakat

            Perkembangan Teknologi Informasi dewasa ini berkembang dengan sangat pesat.  Teknologi Informasi sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia sehari-hari. Contoh produk dari perkembangan Teknologi Informasi yang sangat pesat adalah Internet dan Social Networking. Internet itu sendiri berasal dari kata Interconnection Networking, yang berarti hubungan dari banyak jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, salelit, dan lainnya.
Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, kita harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada dan melayani daerah Kita. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet. Kita bisa menggunakan fasilitas dari Telkom seperti Telkomnet Instan, speedy dan juga layanan ISP lain seperti first media, netzip dan sebagainya.
          I nternet memberikan banyak sekali manfaat, ada yang bisa memberikan manfaat baik dan buruk. Baik bila digunakan untuk pembelajaran informasi dan buruk bila digunakan untuk hal yang berbau pornografi, informasi kekerasan, dan lain-lainnya yang negatif.
Internet ini memungkinkan pengguna komputer di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi dengan cara saling mengirimkan  email, menghubungkan komputer satu ke ke komputer yang lain, mengirim dan menerima file dalam bentuk text, audio, video, membahas topik tertentu pada newsgroup, website social networking dan lain-lain. Sedangkan social networking merupakan produk dari adanya teknologi internet. Social Networking atau Jaringan Sosial merupakan konsep pengembangan yang bisa dimanfaatkan didalam dunia pendidikan. Social networking diaplikasikan kedalam bentuk situs jejaring sosial. Selain berguna untuk menjalin silaturrahim juga berguna untuk menunjang didalam meningkatkan efektifitas belajar. Bentuk social networking ini dapat dikembangkan dengan cara membentuk komunitas berupa kelompok belajar dan diskusi sesuai dengan minat dan bidang orang-orang yang terlibat didalamnya.
Situs social networking atau dengan istilah lainnya situs jejaring sosial terus melakukan pengembangan. Kita bisa memanfaatkan situs jejaring sosial seperti facebook (http://www.facebook.com), My Space (http://www.myspace.com), Friendster (http://friendster.com), Library Thing (http://www.librarything.com). Situs-situs ini bisa dimanfaatkan bukan hanya untuk berinteraksi dengan teman, tetapi lebih dari itu dapat dimanfaatkan sebagai tempat berdiskusi kelompok belajar, tugas, ataupun berbagi informasi terbaru.
Banyak sekali dampak yang kita rasakan dari berkembangnya Teknologi Informasi tersebut. Baik dampak positif maupun dampak negatif. Dampak positif dari keberadaan internet adalah manusia dapat dengan cepat mengakses infomasi dari berbagai penjuru dunia dengan akurat dan cepat. Tanpa batasan waktu dan jarak. Semua informasi dapat diakses dengan mudah dan aktual. Selain itu internet juga dapat dipakai sebagai sarana untuk menjalankan mesin mesin yang ada di pabrik  ataupun mesin ATM, misalnya. Namun internet tidak hanya memberikan dampak positif pada manusia, melainkan juga memberikan dampak negatif. Contohnya menurut saya yang paling banyak dijumpai adalah Cyber Crime, atau kejahatan cyber. Cyber crime banyak sekali modusnya. Ada yang mencuri data dari rekening seseorang, meng-hack system/computer instansi layanan masyarakat tertentu, dan yang paling parah adalah pengambilan sejumlah uang secara paksa melalui nomor rekening. Yang banyak bukan hanya sisi positinya saja, bukan? Melainkan sisi negatifnya juga ada. Kalau sudah begitu, menurut saya pemerintah seharusnya membuat regulasi (peraturan) yang ketat dan tegas mengenai pemanfaatan Teknologi Informasi. Sehingga dapat meminimalisir pengguna internet yang telah menyalahgunakan layanan yang ada di internet yang akhirnya merugikan banyak pihak. Semakin canggih teknologi yang menggunakan internet, maka semakin canggih pula kejahatan yang dapat dilakukan dengan menggunaan internet.
Kemudian adalah jejaring social, yaitu suatu wadah virtual yang merupakan hasil sampingan dari internet, yang mengandung informasi baik brupa teks, foto, maupun video dari seseorang yang mempunya account di jejaring social tersebut. Fungsi utamanya adalah untuk saling berinteraksi di dunia maya (internet), berteman secara virtual, dan lain lain.     Jejaring social mempunyai manfaat yg cukup besar. Dengan jejaring social, terkadang kita dapat menemui teman lama kita yang sudah lama tidak berjumpa dengan kita. Ataupun kita berkenalan dan berteman dengan orang lain yang sama sekali baru bagi kita. Kedua hal itulah yang sekarang ini membuat jejaring social menjadi sangat populer di kalangan masayarakat dunia. Selain untuk berteman, jejaring social juga bisa dipakai sebagai ajang untuk memasarkan produk produk tertentu. Misalnya pakaian, jam, tas, dsb. Tergangtung kreasi dari penggunanya sendiri. Menurut saya, jejaring social juga mempunyai dampak yg negative bagi kehidupan manusia. Dengan adanya jejaring social, manusia kelihatannya lebih suka berteman atau menghimpun massa dengan melalui dunia maya. Yang notabene semuanya dilakukan melalui internet dan media penginput data ke internet. Misalnya adalah PC, laptop, ataupun ponsel. Yang menurut saya cenderung membuat orang jadi lebih individualistis. Contohnya dapat kita lihat di pusat pusat keramaian. Seperti mall, restoran, dll, sering kita lihat banyak orang  yang cenderung sibuk dengan gadget mereka sendiri. Padahal mereka sedang bersama sama dengan keluarga ataupun kerabat mereka. Mereka terfokus dengan ponsel ataupun gadget lainnya yang sedang mereka pegang. Sehingga yang terjadi adalah kurangnya interaksi social secara langsung. Padahal interaksi social sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Sehingga manusia bisa saling mengenal satu sama lain secara langsung. Tidak melalui dunia maya. Itu semua tergantung bagaimana kita menyikapi perkembangan Teknologi Informasi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar